Bingung Memilih Sikat Gigi??

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :

Sumber
Masih Bingung?
Memilih bentuk sikat gigi seperti apa yang dapat mengontrol/mengurangi plak pada gigi???
....Sebelum kita tahu, bentuk seperti apa sih sikat gigi yang dapat mengontrol plak pada gigi, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu PLAK GIGI....

Apa itu plak gigi?

Plak merupakan lapisan tipis dan transparan yang terbentuk dari komponen mucus dan kumpulan bakteri yang melekat pada permukaan gigi. Mucus atau biasa dikenal dengan nama acquired pellicle merupakan kumpulan dari mucin, yaitu zat yang terkandung dalam air liur/saliva. Plak merupakan penyebab utama terjadinya penyakit karies dan periodontal. Plak gigi akan segera terbentuk 5 menit setelah menyikat gigi dan berwarna bening. Karena plak tidak dapat dihindari pembentukannya, maka mengurangi akumulasi plak adalah hal yang sangat penting untuk mencegah terbentuknya penyakit gigi dan mulut (Ghofur, 2015).
Plak Gigi
Bagaimana cara mengontrol plak tersebut???
Salah satu cara pencegahan karies gigi dapat dilakukan dengan mengontrol bakteri yaitu penyingkiran plak. Plak gigi tidak dapat dibersihkan hanya dengan cara berkumur atau menyemprotkan air.  Penyingkiran plak dapat dilakukan dengan cara tindakan secara mekanik, tindakan secara kimiawi, dan mengatur pola makanan (Putri, et al,. 2013). Menurut Tarigan (2013) menyebutkan bahwa kontrol plak dengan menyikat gigi sangat penting, namun tetap harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
1)      Pemilihan sikat gigi yang baik dan penggunannya,
2)      Cara menyikat gigi yang baik,
3)      Frekuensi dan lamanya penyikatan,
4)      Penggunaan pasta yang mengandung fluor,
5)      Pemakaian bahan disklosing.           
Sikat dan pasta gigi merupakan dua hal yang berbeda namun tidak dapat dipisahkan jika ingin gigi sehat. Sikat gigi adalah alat untuk membersihkan gigi yang berbentuk sikat kecil dengan pegangan. Pasta gigi biasa ditambahkan pada sikat gigi sebelum menyikat gigi (Kusumawardani, 2011).                     
Menyikat gigi dengan menggunakan sikat gigi adalah bentuk penyingkiran plak secara mekanis. Saat ini desain sikat gigi yang dijumpai dipasaran berbagai macam. Salah satu penyebab banyaknya bentuk sikat gigi yang tersedia adalah adanya variasi waktu menyikat gigi, tekanan, bentuk dan jumlah gigi pada setiap orang (Warni L dalam Pujianto, 2017).
Variasi Bentuk dan Model Sikat Gigi

Berdasarkan cara penggunaanya, sikat gigi dibedakan atas sikat gigi elektrik dan konvensional. Keduanya dinilai efektif dalam membersihkan plak gigi apabila digunakan dengan benar dan tepat serta diimbangi dengan desain yang baik (Putri et al,. 2013). Sikat gigi konvensional terdiri atas tiga bagian, yaitu kepala sikat, leher sikat, dan gagang sikat.

...Untuk itu, mari kita simak syarat sikat gigi yang ideal...
Syarat sikat gigi yang ideal menurut Kusumawardani (2011) dan Putri et al (2013) antara lain:
1)      Memiliki tangkai yang stabil dan nyaman untuk dipegang, dimana pegangan sikat cukup lebar dan tebal.
2)      Ukuran kepala sikat tidak terlalu besar, dimana untuk dewasa ukuran maksimal 25-29 mm x 10 mm, sedangkan untuk anak-anak 15-24 mm x 8 mm, dan balita 18 mm x 7 mm.
3)      Tekstur bulu sikat cukup lembut dan tidak merusak jaringan lunak serta jaringan keras rongga mulut. Dalam hal ini, kekauan bulu sikat gigi bergantung pada diameter dan panjang bristle serta elastisitas bahan yang digunakan. Yang paling tepat sikat gigi adalah dengan kekauan bulu sikat medium.
4)      Panjang bulu sikat hendaknya sama, karena jika panjang berbeda sikat tidak dapat membersihkan permukaan datar tanpa menimbulkan tekanan pada beberapa bulu sikat.

Jadi, kesimpulan dari pembahasan kali ini bahwa :
Sikat gigi merupakan salah satu alat mekanis untuk mengurangi pembentukan plak. Namun, plak tersebut akan tetap kembali muncul setelah 5 menit kemudian. Untuk dapat mengetahui bentuk sikat gigi seperti apa yang dapat mengurangi pembentukan plak perlu mengendalikan hal-hal yang harus diperhatikan seperti yang telah dijelaskan di atas. Dan dapat dilakukan penelitian terlebih dahulu atau dapat melihat hasil-hasil penelitian mengenai modifikasi sikat gigi untuk kontrol plak.

Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :